Rabu, 27 November 2013

61 Persen Serangan Merupakan Hasil Virus Toolkit Penelitian Symantec

Saat ini virus tidak hanya dapat dibuat oleh programmer ahli saja. Hanya dengan mengenal sedikit bahasa pemrograman ditambah sebuah virus toolkit(program), seorang bisa membuat virus dan menyebarkannya melalui dunia maya. Apalagi virus kit ini semakin mudah ditemukan dan digunakan, menurut laporan Symantec pada awal 2011 lalu.
 Hasil penelitian Symantec ini menunjukkan bahwa tool untuk membuat virus semakin diminati oleh penjahat cyber.
Salah satu virus toolkit adalah Zeus. Virus toolkit ini berfungsi mencuri rekening bank pada berbagai usaha kecil. Dari hasil penangkapan sebuah kelompok penjahat yang menggunakan Zeus, mereka bisa mencuri lebih dari US$ 70 juta dalam rentang 18 bulan.
“Dulu hacker harus bersusah payah untuk menciptakan sebuah virus. Namun kini, dengan sebuah virus toolkit, pemula sekalipun dapat memulai pengalaman dalam kejahatan cyber” kata Stephen Trilling. Pada penelitian ini, Symantec mengamati lebih dari 310 ribu domain unik yang dicurigai berbahaya. Dari hasil penelitian ini ternyata 61 persen serangan yang ada disebabkan oleh virus yang dibuat oleh virus toolkit. Website berkonten “dewasa” menjadi kata kunci popular yang mengarahkan pengguna PC ke website berbahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar