Sabtu, 30 November 2013

menikmati khasiat susu


Susu adalah minuman sehat yang menyegarkan yang banyak disukai oleh orang banyak dan mempunyai banyak khasiat
Tak hanya lezat namun juga sarat manfaat. Di samping baik bagi anak-anak,susu juga bermanfaat bagi remaja dan dewasa.Susu sapi misalnya,memiliki banyak fungsi.

di samping membantu pertumbuhan anak dan remaja, bagi orang lanjut usia susu juga berguna untuk membantu menopang tulang agar tidak mudah keropos. Apa saja yang terkandung dalam susu? Susu mengandung banyak vitamin dan protein.

Ada banyak kandungan nutrisi yang ada,misalnya fosfor,zinc,vitamin A,vitamin D,vitamin B12,vitamin B2,asam amino dan asam pantotenat.Tentu saja,ragam kandungan nutrisi ini bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh kita. 

Karena banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki, susu memiliki manfaat yang juga tidak sedikit.Di antaranya;untuk mencegah osteoporosis dan menjaga tulang tetap kuat.Bagi anak-anak,susu berfungsi untuk pertumbuhan tulang yang membuat anak menjadi bertambah tinggi.

Selain itu,susu juga bagus untuk menurunkan tekanan darah,mencegah kerusakan gigi dan menjaga kesehatan mulut.Bahkan,susu mampu mengurangi keasaman mulut,merangsang air liur, mengurangi plak dan mencegah gigi berlubang. 

Menetralisir racun seperti logam atau timah yang mungkin terkandung dalam makanan.Masih ada lagi, susu juga baik untuk mencegah terjadinya kanker kolon atau kanker usus,mencegah diabetes tipe 2, mempercantik kulit,dan membantu agar lebih cepat tidur. 

Seberapa banyakkah sebaiknya kita mengonsumsi susu? Konsumsi susu yang dianjurkan adalah 3 porsi setiap hari.Satu porsi sekitar 250 ml susu yang setara dengan 35 gram keju atau 200 gram yoghurt atau 200 gram es krim. 

Menyimpan Susu agar Tahan Lama 

* Susu segar memiliki umur yang lebih pendek dibandingkan susu bubuk ataupun susu yang telah diproses.Jika salah dalam menyimpannya,susu akan lekas basi.Tandanya susu jadi kental,aroma dan rasanya pun asam.Jika disimpan begitu saja di suhu ruang,susu segar hanya bertahan tak lebih dari enam jam.Sebaiknya susu segar disimpan di lemari pendingin dan dalam wadah yang tertutup rapat agar tahan hingga delapan jam. 

* Jika dalam keadaan kemasan belum dibuka,susu bubuk dapat bertahan lama.Untuk kemasan kaleng, awet hingga 2 tahun sementara dalam kemasan karton atau sachet hanya enam bulan.Jadi sebaiknya, simpan susu bubuk pada kaleng tertutup rapat,agar lebih tahan lama.Untuk mengetahui susu bubuk telah basi,tandanya terdapat perubahan partikel pada susu,menggumpal,berbau tengik dan berubah warna. 

* Susu yang sudah diproses misalnya susu pasteurisasi, bisa tahan sampai tujuh hari,kalau belum dibuka dan disimpan di lemari pendingin.Tapi kalau sudah dibuka,hanya kuat hingga 1-2 hari.Sementara susu strelisasi,susu evaporasi dan susu kental manis lebih tahan lama.Bila kemasan belum dibuka,susu dapat bertahan hingga setahun.

Dan jika sudah kontak dengan udara luar,simpan susu di dalam lemari pendingin.Susu strelisasi dapat bertahan hingga lima hari dan susu kental manis dan susu evaporasi dapat bertahan hingga sebulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar